in

[Sunday Relax] 10 Film Adventure Terbaik di Tahun 2021

Film Everest 2015
Foto: ajaylee.wordpress.com

Halo, salam jumpa kembali dengan kami dalam sajian artikel terbaru yang rilis setiap hari minggu. Dalam pembahasan kali ini kami ingin memberikan daftar rekomendasi film petualangan (adventure) terbaik yang wajib kamu tonton di tahun 2021.

Ya, hari libur memang cocok untuk bermalas-malasan dan waktu yang paling tepat adalah menonton film terbaik. Film adventures termasuk salah satu genre yang paling banyak diminati. Karena genre yang satu ini dapat memberikan dampak emosional kepada penonton seperti drama Korea, horror, atau bahkan film hacker.

Tak hanya itu saja, film bertema petualangan juga selalu sukses menimbulkan rasa keingintahuan dalam diri penonton. Bagaimana pun, kekuatan dari film berpetualang adalah kemampuan untuk memisahkan penonton dari kenyataan kemudian membawanya ke dalan sebuah perjalanan yang menakjubkan.

Nah, buat kalian yang ingin menonton film adventure, kali ini kami akan memberikan daftar rekomendasi film terbaik yang wajib kamu tonton di tahun 2021. Yuk langsung simak saja dibawah ini.

Rekomendasi Film Bertema Petualangan (Adventure) Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

10. Up (2009)

film up
Foto: YouTube – Entertainment Access
  • Rating: 8.2 (IMDb)
  • Genre: Animasi, Adventure, Comedy, Family
  • Durasi: 1j 36m
  • Tanggal Rilis: 29 Mei 2009

Rekomendasi kesepuluh akan diisi oleh film kartun terbaik yang mengusung tema petualangan, UP. Film ini sangat banyak disukai oleh banyak orang karena banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kisah tersebut.

UP menceritakan tentang Carl Fredicksen yang menjalani hubungan dari SMA dengan seorang gadis bernama Ellie. Mereka berdua sangat menyukai petualangan. Setelah menikah, mereka selalu mengumpulkan uang agar bisa berpetualang bersama. Meskipun pada akhirnya uang itu sering habis digunakan untuk keperluan lain.

Singkat cerita lambat laun usia mereka semakin menua, Ellie meninggalkan Carl selamanya akibat sebuah penyakit yang cukup parah. Setelah kepergian sang istri tercinta, Carl merasa sedih, di mana ia harus hidup menua sendiria. Hingga suatu hari ia bertekad untuk mewujudkan keinginannya yang selama ini telah di impi-impikan oleh Carl dan mendiang istrinya, yaitu berpetualang ke sebuah air terjun bernama Paradise Falls.

Carl menerbangkan rumahnya dengan ribuan balon. Akan tetapi, dia tidak sadar bahwa di luar rumahnya ada seorang bocah petualang yang bernama Russel. Bagaimana kisah selanjutnya, akankah Carl berhasil sampai di Paradise Falls dengan menerbangkan rumahnya dengan balon? Ayo saksikan film animasi UP sekarang juga.

9. Sanctum (2011)

Film Sanctum (2011)
Foto: tmdb.org
  • Rating: 5.9 (IMDb)
  • Genre: Action, Adventure, Drama
  • Durasi: 1j 48m
  • Tanggal Rilis: 4 Februari 2011

Rekomendasi film petualangan selanjutnya adalah Sanctum. Film tersebut berdasarkan kisah nyata dari Andrew Wright yang sempat terjebak di Esa’ala Cave selama 2 hari bersama 14 orang lainnya.

Kisah petualangan dimulai ketika tim yang dipimpin oleh Frank (Richard Roxburgh) mengeksplorasi gua bawah laut di Esa’ala Cave yang terletak di Papua Nugini. Frank mungkin sudah menjelajahi gua di Esa’ala selama berbulan-bulan, akan tetapi ketika badai memaksa Frank dan timnya masuk lebih dalam lagi, dan mereka melihat keajaiban dunia yang mungkin belum pernah disaksikan oleh orang lain.

Di waktu yang sama, Frank bersama rekannya harus mencari jalan keluar secepat mungkin, mereka tak mungkin berlama-lama di sana kalau tak ingin menjadi penghuni lorong-lorong dalam gua itu selamanya. Awalnya semua berjalan lancar, namun tiba-tiba badai datang membanjiri jalan keluar mereka dan tak mungkin Frank dan timnya keluar lewat jalan yang seharusnya, tak ada pilihan lain selain mencoba mencari jalan keluar lain.

Bagaimana kisah selanjutnya? Akankah Frank bersama teman-temannya selamat dari keganasan lorong-lorong dalam gua itu? Silahkan temukan jawabannya di dalam film Sanctum ini.

8. Jurassic World (2015)

Film Jurassic World (2015)
Foto: theactionelite.com
  • Rating: 7.0 (IMDb)
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Durasi: 2j 4m
  • Tanggal Rilis: 12 Juni 2015

Film ini dimulai dengan petualangan Zach Mitchell (Nick Robinson) dan Gray Mitchell (Ty Simpkins) yang berlibur ke taman Jurassic World. Di sana mereka bertemu dengan bibinya, Claire Dearing (Bryce Dallas Howard). Claire sendiri seorang manajer operasional taman Jurassic World, taman dinosaurus yang terletak di Isla Nublar yang satu dekade sudah tak beroperasi lagi.

Ketika akan dibuka lagi, sang pemilik Simon Masrani melakukan inspeksi bersama Owen Grady dengan berkeliling memeriksa keadaan dinosaurus di taman tersebut. Owen yang bertugas sebagai ahli perilaku hewan, memberitahu Claire tentang satu spesies yang ingin dia kembangkan, yakni Indominus Raptor.

Dinosaurus Indominus Raptor ini mampu berkamuflase, sehingga mudah menipu manusia. Tak hanya itu, dinosaurus tersebut juga sangat tak bersahabat karena memiliki insting yang menganggap siapa dan apa pun sebagai ancaman. Singkat cerita, Indominus Raptor berhasi kabur dari kadangnya dan menyebabkan kekacauan di Jurassic World.

Baca: 7 Film Kungfu Paling Populer dan Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Akankah Claire dan Owen berhasil menyelamatkan seluruh pengunjung taman? Saksikan petualangan Claire dan Owen sekarang juga melalui platform streaming kesayangan kamu.

7. Meru (2015)

Film Meru 2015
Foto: usa.newonnetflix.info
  • Rating: 7.7 (IMDb)
  • Genre: Documentary, Adventure, Sport
  • Durasi: 1j 30m
  • Tanggal Rilis: 14 Agustus 2015

Rekomendasi film petualangan terbaik selanjutnya adalah Meru. Film bergenre adventure, dokumenter ini dirilis pada tahun 2015 yang mencatat pendakian pertama rute “Shark’s Fin” di Puncak Meru di Himalaya India.

Setelah mencoba tetapi gagal mencapai puncar Meru pada tahun 2008, Conrad Anker, Jimmy Chin, dan Renan Ozturk kembali ke gunung untuk menaklukan puncak setinggi 4 ribu kaki yang dikenal sebagai “Shark’s Fin”. Ketika mereka mendaki, para pria itu juga mendokumentasikan pendakian mereka.

Perjalanan ekspedisi pertama berjalan cukup lancar, meskipun mereka kesulitan memikul beban yang berat dan sempat tidur tanpa tenda. Namun ternyata itu bukan masalah besar, masalah besar justru datang ketika mereka tiba di rute tersulit. Badai mengamuk dan menghantam mereka tanpa ampun selama empat hari.

Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah Conrad Anker bersama rekan-rekannya berhasil bertahan hidup dan sampai pada puncak Shark Fin atau yang dikenal sebagai sirip hiu karena bentuknya yang runcing? Yuk tonton Meru sekarang juga melalui platform streaming populer.

6. Everest (2015)

Film Everest 2015
Foto: ajaylee.wordpress.com
  • Rating: 7.1 (IMDb)
  • Genre: Action, Adventure, Biography
  • Durasi: 2j 1m
  • Tanggal Rilis: 25 September 2015

Everest menceritakan tentang para petualang yang mendaki di Gunung Everest. Salah satu film pendakian gunung terbaik ini ternyata di ambil dari sebuah kisah nyata ketika sekelompok orang mendaki mouth Everest pada tahun 1996 silam. Saat itu mereka harus menghadapi badai salju yang menghalangi laju pendakian. Naas, beberapa orang yang tidak bisa menghindari badai tersebut harus gugur di jalur pendakian.

Nasi sudah menjadi bubur, mereka yang selamat tak mungkin untuk kembali ke bawah. Mau tak mau harus melanjutkan pendakian gunung Everest tersebut, meskipun harus menghadapi bongkahan es yang jatuh, melewati jurang licin dengan gemetar, menaiki puncak berbahaya, tebing yang menjulang, hingga memasuki zona bahaya mistis pada ketinggian dengan oksigen yang menipis.

Berkat tekad yang kuat, para pendaki dan tim kamera tetap melanjutkan perjalanan dengan semangat, hingga akhirnya mereka berhasil mencapai puncak Mount Everest tersebut. Banyak pelajaran yang kita ambil dari film Everest ini.

5. Wild (2014)

Film petualangan terbaik Wild 2014
Foto: letterboxd.com
  • Rating: 7.1 (IMDb)
  • Genre: Drama, Adventure, Biography
  • Durasi: 1j 55m
  • Tanggal Rilis: 19 Desember 2014

Rekomendasi film petualangan terbaik selanjutnya adalah Wild. Film ini merupakan drama petualangan yang dibintangi oleh aktris Hollywood ternama, Reese Witherspoon dan Laura Dern. Kisah filmunya fokus pada tokoh utama bernama Cheryl Strayed (Reese Witherspoon).

Strayed begitu sedih dan terpukul pasca kematian ibunya, akibatnya dia mengalami depresi berat. Perasaan tersebut membawa Strayed ke jalan yang salah, di mana dirinya mengonsumsi heroin hingga berhubungan seks dengan sejumlah laki-laki. Pedahal sebenarnya ia telah menikah dengan pria bernama Paul (Thomas Sadoski).

Sementara itu, hubungan pernikahan mereka telah hancur hingga akhirnya mereka memutuskan untuk bercerai. Tak lama itu, Strayed mengetahui bahwa dirinya tengah hamil. Namun dia memutuskan untuk melakukan aborsi. Strayed kini sedang merasa berada di titik terendah hidupnya, ia pun memutuskan untuk melakukan pendakian demi menebus semua kesalahannya di masa lalu.

Baca: 8 Urutan Film Harry Potter

Petualangan berlangsung, sudah hampir 100 hari dia melakukan perjalanan panjang sejauh kurang lebih 1.800 km di Pacific Crest Trail. Meskipun disetiap langkah kakinya ada bahaya yang mengintai, namun Strayed tetap nekat untuk melanjutkan perjalanan ditambah dengan pengalaman mendaki yang sangat minim.

Disepanjang perjalanan, Strayed memanfaatkan waktunya untuk melakukan refleksi diri. Tentu saja hal ini tidak mudah dilakukan oleh siapapun dengan berbagai tantangan yang ada didepannya.

4. Life of Pi (2012)

Film Sedih Life of Pi (2012)
Foto: YouTube
  • Rating: 7.9 (IMDb)
  • Genre: Drama, Adventure, Fantasy
  • Durasi: 2j 7m
  • Tanggal Rilis: 21 November 2012

Siapa sih yang tidak terharu menyaksikan perjuangan seorang pria untuk bertahan hidup di laut lepas. Ya, saya yakin kamu pasti sesak melihat kisahnya, atau bahkan sampai membayangkan “bagaimana jika itu terjadi dalam hidup gue”. Menurut kami, Life of Pi layak menjadi salah satu film adventure terbaik karena film tersebut telah sukses membangkitkan haru penonton.

Life of Pi mengisahkan tentang seorang penulis yang berkunjung kepada pendongeng India bernama Pi Patel, dan memintanya untuk menceritakan kisah hidupnya. Ayah Pi membangun sebuah kebun binatang, termasuk binatang buas seperti harumau bengal bernama Richard Parker.

Namun keadaan politik di India saat itu sedang tidak baik, sehingga ayah Pi terpaksa harus menjual kebun binatang. Semua binatang akhirnya dijual dan dibawa langsung ke Kanada. Kisah haru berawal disini, ketika mereka menempuh perjalanan laut, tiba-tiba badai besar datang menghampiri kapal kargo. Pi bersama binatang-binatang tersebut terombang-ambing di samudera dan harus bertahan hidup, termasuk Richard, hewan buas yang bersamanya di atas sekoci.

Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah tersebut. Seperti jangan mudah menyerah dalam keadaan apapun, kamu tidak pernah sendirian karena Tuhan akan memberikanmu teman, berdamai dengan diri sendiri, dan hal penting lainnya.

3. Tracks (2014)

Film Petualangan terbaik Tracks 2014
Foto: filmblerg.com
  • Rating: 7.2 (IMDb)
  • Genre: Drama, Adventure, Biography
  • Durasi: 1j 52m
  • Tanggal Rilis: 6 Maret 2014

Tracks adalah sebuah film bergenre petualangan yang diangkat dari kisah nyata. Mengangkat cerita tentang petualangan seorang gadis bernama Robyn Davidson. Demi mewujudkan mimpinya, ia melakukan perjalanan melintasi gurun tandus di Australia dari Alice Spring menuju Samudera Hindia bersama 4 unta dan 1 anjing kesayangannya.

Pada tahun 1975, Davidson memiliki sebuah rencana yang selama ini ia impikan, namun rencana tersebut mendapatkan respon kurang baik, bahkan dirinya diejek atas idenya yang dianggap “aneh”. Akhirnya, Davidson memutuskan untuk berjalan sendirian melintasi gurun Australia dan akan menempuh 1.700 mil dari Alice Spring ke Samudera Hindia selama enam bulan.

Hari demi hari Davidson berjalan di bawah terik matahari, tidak banyak bicara, dan tidak ada seorang yang menghidupkan suasana. Namun untuk semua kesederhanaannya, film Tracks merupakan kisah yang menyetuh dan sangat emosional. Tentunya banyak pelajaran hidup berharga yang bisa kita petik dari kisah ini.

2. 127 Hours (2010)

Film Petualangan terbaik 127 Hours (2010)
letterboxd.com
  • Rating: 7.5 (IMDb)
  • Genre: Drama, Adventure, Biography
  • Durasi: 1j 34m
  • Tanggal Rilis: 28 Januari 2011 (USA)

Tak terasa sudah memasuki rekomendasi kedua. Dalam urutan ini tentunya ada film biografi bertema petualangan, 127 Hours. Film tersebut diperankan oleh James Franco, Amber Tamblyn, Kate Mara, Sean Bott, dan disutradarai oleh Danny Boyle. 127 Hours diangkat dari kisah nyata seorang petualang luar biasa, Aron Ralston.

Aron adalah pria yang memiliki hobi mendaki, dia memustuskan untuk melakukan perjalanan ke Blue Jhon Canyon. Dalam perjalanan tersebut ia selalu mendokumentasikan berbagai hal menarik seperti foto atau merekam. Kita akan disaksikan dengan perjalanan mendebarkan ketika dia melewati lorong sempit.

Baca: Nonton Harry Potter

Naas, ketika hendak turun, salah satu batu yang diinjak Aron terlepas. Dia pun terjatuh ke dasar ngarai, di mana batu tersebut menjepit lengannya pada dinding ngara. Saat itu tidak ada orang yang menolongnya, akhirnya dia membuat video rekaman sambil berusaha menyingkirkan batu yang menghimpit lengannya, sayangnya usaha tersebut tak membuahkan hasil.

Disamping itu, ia kemudian mulai mengingat kembali tentang kenangan bersama keluarga, teman, dan dua pendaki yang Aron temui sebelumnya. Dapatkah dia berhasil melepaskan diri dari ngarai tersebut dan dapat berkumpul lagi bersama keluarga?

1. The Lord Of The Ring (2001 – 2003)

Film petualangan terbaik The Lord Of The Ring 2003
Foto: YouTube
  • Rating: 8.9 (IMDb)
  • Genre: Drama, Adventure, Action
  • Durasi: 3j 21m
  • Tanggal Rilis: 17 Desember 2003 (USA)

Rekomendasi film petualangan terbaik pertama adalah Trilogi The Lord of the Rings. Dalam film ini kamu akan dikenalkan dengan para Hobbit, termasuk Frodo Baggins yang tinggal bersama pamannya, Bilbo Baggins. Frodo mendapatkan tugas untuk membawa cincin yang diwariskan oleh sang paman.

Cincin tersebut berasal dari Sauron, sang penguasa kegelapan yang sudah mati. Namun, ingin kembali hidup dan bersatu dengan cincinnya. Disamping itu, untuk menjalankan misi sulit ini, Frudo dibantu oleh Fellowship of the Rings yang terdiri dari tiga Hobbit, yakni Sam, Merry, dan Pippin.

Tak hanya itu, ada juga penyihir Gandalf The Grey, Legolas yang berasal dari ras peri, Gimli dari ras kurcaci, dan dua orang ras manusia. Mereka yang melaksanakan tugas membawa cincin yang kemudian akan dimusnahkan dikawah Mordor.

Fellowship of the Ring memulai perjalanannya dengan adegan pertempuran yang mendebarkan, mereka harus menghadapi Orc, Troll, Balrog, dan pasukan Uruk-Hai di akhir film. Suasana semakin mencekam berkat dukungan musik Howard Shore sebagai ciri khas film ini sendiri.


Nah itu tadi rekomendasi film petualangan terbaik yang wajib kamu saksikan di tahun 2021. Dari daftar diatas, adakah film yang ingin kamu tonton?

Jika kamu punya rekomendasi lain silahkan sampaikan melalui komentar dan jangan lupa ikuti terus Adalios.com untuk mendapatkan informasi seputar berita film terbaru.

Avatar

Written by Delacour