in

Sinopsis Film Harry Potter and The Order of Phoenix

Harry Potter and The Order of Phoenix (2007)

Harry Potter and The Order of Phoenix menjadi film ke-5 dari 8 film Harry Potter yang diadaptasi berdasarkan novel karya J.K Rowling. Bagi kamu yang ingin mengetahui sinopsi film tersebut, kamu sudah tepat menemukan artikel ini.

Informasi

  • Judul Film: Harry Potter and The Order of Phoenix
  • Director: David Yates
  • Penulis: Michael Goldenberg (screenplay), J.K. Rowling (novel)
  • Genre: Action, Adventures, Family, Fantasy, Mistery
  • Negara: Inggris, Amerika Serikat
  • Bahasa: Inggris
  • Tanggal Rilis: 11 Juli 2007 (Indonesia)
  • Co Produksi: Warner Bros., Heyday Films, Cool Music
  • Durasi: 2j 22m
  • Rating: 7,5/10 (IMDb)

Poster

harry potter and the order of the phoenix movie poster
Foto: fanpop.com

Sinopsis

Harry menghabiskan musim panas yang membosankan di Privet antara tahun keempat dan kelima sekolah sihir di rumah bibi dan pamannya yang jahat. Dia marah dan muak dengan kenyataan bahwa tidak ada temannya yang mengiriminya berita apapun tentang perang melawan Voldemort.

Pada menjelang malam Harry dan sepupunya, Dudley, tiba-tiba diserang oleh sekelompok Dementor, makhluk gaib jahat dengan kemampuan menyedot jiwa. Meskipun dia tidak diizinkan menggunakan sihir di luar sekolah, Harry merapalkan mantra untuk mengusir para Dementor. Dia kemudian dikirimi pesan yang mengatakan bahwa dia harus menghadiri sidang di Kementerian Sihir. Jika dia terbukti bersalah dengan tuduhan menggunakan sihir di luar sekolah, maka dia akan dikeluarkan dari Hogwarts.

Harry kemudian dibawa oleh sekelompok Auror ke London ke rumah ayah angkatnya yaitu Sirius Black. Rumah di Grimmauld Place Nomor 12 juga merupakan markas dari kelompok pemberontak, “The Order of the Phoenix.” Dipimpin oleh Albus Dumbledore, sekelompok penyihir dewasa melawan penyihir jahat Voldemort dan pendukungnya.

Tindakan mereka dirahasiakan dari Kementerian Sihir, yang dipimpin oleh Cornelius Fudge, yang terus bersikeras bahwa Harry mengalami delusi, Dumbledore pikun, sementara saat itu Voldemort belum berani menunjukkan eksitensinya kepada publik.

Harry pergi ke sidang. Meskipun Fudge bertekad untuk mengusir Harry, Harry memiliki saksi mata yang membuktikan bahwa dia mengeluarkan mantra untuk membela diri. Tetangga Harry, Arabella Figg, adalah seekor squib, yang berarti dia adalah orang non-magis dengan orang tua penyihir. Dia mengenal Dumbledore dan telah mengawasi Harry sejak dia masih bayi. Berkat kesaksiannya, dan kesaksian Dumbledore, Harry dibebaskan dari semua tuduhan.

Harry dan teman-temannya Ron dan Hermione kembali untuk tahun kelima mereka di Sekolah Sihir Hogwarts. Di sana, mereka mengetahui bahwa guru “Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam” yang baru adalah Dolores Umbridge, Wakil Senior untuk Fudge.

Harry menemukan bahwa banyak teman sekelasnya percaya dia tidak stabil secara mental. Ini karena Fudge telah menekan surat kabar Daily Prophet untuk menerbitkan cerita tidak benar yang mendiskreditkan Harry sehingga tidak ada yang akan percaya ceritanya bahwa Voldemort benar-benar telah kembali.

Harry dan teman-teman sekelasnya dengan cepat tidak menyukai Profesor Umbridge. Dia menolak untuk mengajari siswanya sihir pertahanan. Tidak hanya itu, dia juga memberi tahu mereka bahwa Harry adalah pembohong kelas kakap. Hal ini menyebabkan Harry sering bertengkar dengannya di kelas, yang membuatnya memberinya banyak detensi.

Selama penahanan ini, Harry harus menulis sebuah surat perjanjian dengan pena yang menggunakan darahnya sebagai tintanya. Fudge segera menunjuk Profesor Umbridge sebagai Penyelidik Tinggi Hogwarts, yang memberinya lebih banyak kendali. Dia segera mulai mereformasi sekolah, dan mengeluarkan banyak keputusan yang membatasi kebebasan siswa.

Dia juga memberi Harry larangan seumur hidup dari olahraga sihir Quidditch. Pada saat ini, Hagrid kembali dari misi yang gagal untuk meyakinkan para raksasa untuk bertarung di pihak Orde Phoenix. Setelah memeriksa semua guru, tampaknya jelas Umbridge bermaksud untuk menyingkirkan Hargrid, hingga guru Ramalan, Profesor Trelawney.

Sebagai pembalasan kepada Umbridge, Harry dan teman-temannya membentuk kelompok pertahanan rahasia yang disebut “Tentara Dumbledore” (nama itu lelucon, dan Dumbledore tidak ada hubungannya dengan kelompok mereka). Dipimpin oleh Harry, dua puluh lima siswa saling bertemu dan mempelajari mantra pertahanan.

Selama waktu ini, Harry mulai mengalami mimpi aneh tentang berjalan menyusuri koridor dengan pintu di ujungnya. Dia selalu bangun sebelum menyadari arti mimpinya. Dia juga mulai merasakan sakit di bekas lukanya setiap kali Voldemort mengalami emosi yang ekstrim. Menjelang Natal, Harry mendapat penglihatan di mana dia melihat dari mata ular saat ular itu menyerang ayah Ron.

Dia langsung mengatakan apa yang dialaminya kepada Profesor McGonagall dan dia membawanya ke Dumbledore. Dumbledore berbicara kepada lukisan di dindingnya, dan mereka dapat memastikan bahwa Mr Weasley ditemukan dan diselamatkan. Harry menjadi semakin khawatir tentang hubungannya dengan Voldemort.

Begitu pula Dumbledore, dan dia bersikeras agar Harry mengambil pelajaran Occlumency dengan Profesor Snape. Occlumency adalah praktik menutup pikiran seseorang dari invasi luar. Harry berjuang dalam hal itu dan tampaknya tidak bisa berkembang.

Umbridge akhirnya memecat Profesor Trelawney, tetapi Dumbledore mengizinkannya tinggal di Hogwarts. Beberapa saat kemudian, siswa Marietta Edgecomb memberi tahu Umbridge tentang Pasukan Dumbledore, dan mereka terjebak di tengah rapat. Harry dibawa ke kantor Dumbledore tempat Fudge menunggu.

Dumbledore, bagaimanapun, menyalahkan sepenuhnya atas perkumpulan rahasia dan dipaksa untuk mundur dari posisinya sebagai Kepala Sekolah. Umbridge mengambil alih posisinya, dan dua saudara laki-laki Ron, Fred dan George meninggalkan sekolah sebagai bentuk protes atas ketidakadilan.

Selama salah satu “O.W.L.” ujian (ujian tahun kelima Hogwarts), Harry mendapat penglihatan Sirius ditahan dan disiksa oleh Voldemort di Departemen Misteri. Dia sangat tertekan dan dia dan teman-temannya masuk ke kantor Umbridge untuk menggunakan perapiannya yang tidak dijaga untuk dipindahkan ke Grimmauld Place Nomor 12.

Namun, semua yang ditemukan Harry di sana adalah Kreacher, yang memberitahunya Sirius telah dibawa ke Kementerian Sihir. Harry kembali dari perapian hanya dan menyadari bahwa teman-temannya telah ditangkap oleh Umbridge dan pasukannya.

Umbridge meminta Snape untuk mengambilkan Veritaserumnya, ramuan yang akan memaksa Harry untuk mengatakan yang sebenarnya tentang dengan siapa dia berbicara. Snape, bagaimanapun, mengatakan dia tidak memilikinya. Mengetahui Snape adalah anggota Order, Harry mencoba mengirim Snape pesan bahwa Sirius dalam masalah. Dia tidak yakin Snape mengerti atau akan melakukan apapun tentang itu.

Jadi, Harry dan Hermione dengan cepat menyusun rencana di mana mereka memikat Umbridge ke Hutan Terlarang, di mana dia dibawa pergi oleh para centaur. Dia, Hermione, Ron, Ginny, Neville, dan Luna semua mendaki gunung dan pergi ke Kementerian Sihir. Sesampai di sana, mereka sampai ke Departemen Misteri dan menyadari bahwa Voldemort menipu Harry. Ternyata Sirius tidak ada di sana.

Ada banyak bola kaca di Departemen Misteri, yang penuh dengan ramalan. Ada nama Harry di atasnya. Dia mengambilnya dan banyak Pelahap Maut (pendukung Voldemort) tiba-tiba muncul di sekitar kelompok, menuntut Harry untuk menyerahkan ramalan itu.

Berkat keterampilan pertahanan yang sudah mereka pelajari sebelumnya, para siswa dapat menahan mereka sampai Orde Phoenix tiba. Selama pertarungan ini, Sirius terbunuh, banyak kehancuran bagi Harry. Harry menjatuhkan ramalan itu dan itu hancur.

Dumbledore dan Voldemort muncul di waktu yang hampir bersamaan. Mereka memiliki duel di mana Voldemort mencoba masuk ke tubuh Harry agar Dumbledore membunuhnya, tetapi dia tidak melakukannya. Fudge dan perwakilan Kementerian lainnya tiba dan Voldemort kabur. Fudge dipaksa untuk mengakui bahwa Voldemort telah kembali dan mengembalikan Dumbledore sebagai Kepala Sekolah.

Setelah kembali ke Hogwarts, Dumbledore menjelaskan banyak hal kepada Harry. Dia mengatakan kepadanya bahwa Snape memahami peringatan Harry dan memberi tahu anggota Orde Phoenix. Dumbledore juga menjelaskan bahwa ramalan itu mengatakan bahwa seorang anak laki-laki akan lahir di bulan Juli dengan kemampuan mengalahkan Voldemort.
Dikatakan juga bahwa tidak ada yang bisa hidup sementara yang lain selamat. Voldemort telah mendengar sebagian dari ramalan ini dan berusaha membunuh Harry untuk mencegahnya menjadi kenyataan. Namun, dengan melakukan ini, dia memberi Harry kekuatan untuk mengalahkannya dan menyegel takdirnya.

Dumbledore berkata Harry harus kembali ke rumah bibi dan pamannya musim panas ini, karena ketika ibu Harry meninggal, dia melindunginya dengan cintanya. Selama Harry ada di rumah Bibi Petunia, saudara perempuan ibunya, dia aman.

Meskipun dia masih berduka atas Sirius, Harry tahu ini tidak akan berguna baginya karena pertarungan melawan Pelahap Maut semakin dekat. Jadi, dia mengucapkan selamat tinggal kepada teman-temannya dan kembali ke rumah bibi dan pamannya.

Trailer

Pemeran

  • Daniel Radcliffe sebagai Harry Potter
  • Harry Melling sebagai Dudley Dursley
  • Jason Boyd sebagai Piers
  • Richard Macklin sebagai Malcolm
  • Kathryn Hunter sebagai Mrs. Arabella Figg
  • Miles Jupp sebagai TV Weatherman
  • Fiona Shaw sebagai Petunia Dursley
  • Richard Griffiths sebagai Vernon Dursley
  • Jessica Hynes sebagai Mafalda Hopkirk (voice) (as Jessica Stevenson)
  • Adrian Rawlins sebagai James Potter
  • Geraldine Somerville sebagai Lily Potter
  • Robert Pattinson sebagai Cedric Diggory
  • Ralph Fiennes sebagai Lord Voldemort
  • Natalia Tena sebagai Nymphadora Tonks
  • Brendan Gleeson sebagai Alastor ‘Mad-Eye’ Moody

Penghargaan

  • 2008: Nominasi BAFTA Awards
  • 2008: Nominasi Saturn Awards
  • 2012: Pemenang Special Awards (AFI Awards, USA)
  • 2012: Pemenang Contribution to Cinematic Imagery (Art Directors Guild)
  • 2008: Nominasi Excellence in Production Design (Art Directors Guild)
  • 2008: Pemenang ASCAP Awards
  • 2007: Nominasi Awards Circuit Community Awards
  • 2013: Nominasi Favorite Film Franchise (Critics Choice Awards)
  • 2008: Nominasi Best Family Film (Critics Choice Awards)
  • 2008: Nominasi Excellence in Fantasy Film (CDG Awards)
  • 2008: Pemenang Best Director (Empire Awards, UK)
  • 2008: Nominasi Best Film, Best Actor, Best Actress, Best Soundtrack, Best Sci-Fi/Fantasy (Empire Awards, UK)
  • 2008: Pemenang EFA People’s Choice Award
  • 2008: Nominasi Gold Derby Award
  • 2007: Nominasi Golden Schmoes Awards
  • 2006: Pemenang Best Animation/Family TV Spot (Golden Trailer Awards)
  • 2008: Nominasi Best Dramatic Presentation – Long Form (Hugo Awards)
  • 2008: Nominasi Favorite Movie (Blimp Award)
  • 2007: Pemenang Best Art Direction (Sierra Award)
  • 2008: Nominasi British Supporting Actress of the Year (ALFS Award)
  • 2008: Nominasi Best Sound Editing – Sound Effects, Foley, Dialogue & ADR in a Foreign Feature Film (Golden Reel Award)
  • 2008: Nominasi Best Kiss (MTV Movie Award)
  • 2007: Nominasi Best Summer Movie You Haven’t Seen Yet (MTV Movie Award)
  • 2008: Pemenang Best Film, Best Performance by a Male, Best Performance by a Female (National Movie Awards, UK)
Nymphadora

Written by Nymphadora