8 Urutan Film Harry Potter

  • Whatsapp
urutan film harry potter

Setelah berhasil meraih kesuksesannya melalui novel fantasi karya J.K Rownling, Harry Potter kemudian diadaptasi menjadi sebuah film. Dalam urutan film Harry Potter 1 hingga 8, semuanya mengisahkan tentang seorang anak laki-laki yatim piatu yang tiba-tiba mendapatkan sebuah surat dari ratusan burung hantu, dalam surat tersebut bermaksud mengajak dia untuk bergabung dalam Sekolah Sihir Hogwarts.


Harry Potter adalah seri tujuh novel fantasi yang ditulis oleh penulis Inggirs bernama JK Rownling. Novel tersebut menceritakan tentang kehidupan penyihir muda, yaitu Harry Potter, dan teman-temannya bernama Ron Weasley dan Hermione Granger.

Menariknya, ide novel fantasi yang satu ini muncul ketika ia sedang depresi parah setelah usai cerai dan kesulitan ekonomi yang ia hadapi. Disamping itu JK Rowling pun harus hidup mandiri dengan kedua anak-anaknya yang masih kecil.

Setelah melewati masa-masa pahit tersebut, akhirnya sang penulis pun meraih kesuksesan dalam penjualan buku ini sampai-sampai dia menjadi salah satu penulis paling kaya dan terkenal di era tahun 2000an.

Sejumlah prestasi telah ia dapatkan dan nama Harry Potter semakin besar setelah sukses diadaptasi menjadi sebuah film. Tak hanya itu, film ini juga telah menjadi salah satu film franchise legenda di tahun 2000an, bahkan hingga sekarang masih banyak fans yang masih menontonnya.

Nah, jika kamu salah satu diantaranya yang ingin streaming Harry Potter, namun bingung harus nonton mulai dari mana. Kali ini kami akan memberikan urutan film Harry Potter dari awal sampai akhir. Yuk simak dibawah ini.


Kisah Menarik penuh Keajaiban yang Tak Terlupakan dalam 8 Film Harry Potter!

1. Harry Potter and The Sorcerer’s Stone (2001)

film Harry Potter and The Sorcerer’s Stone (2001)
Foto: greepx.com

Kisah keanehan yang terjadi hingga terbunuhnya Voldemort bermula dari film ini, di mana Harry Potter adalah seorang anak laki-laki yang sudah tak memiliki orang tua, keduanya dibunuh oleh Voldemort.

Sehingga ia pun harus tinggal satu atap bersama paman dan bibinya, namun justru Harry mendapatkan perlakuan semena-mena dari paman dan bibinya sendiri.

Suatu hari keanehan pun mulai dirasakan oleh dirinya, Harry tiba-tiba kedatangan ratusan burung hantu yang membawa sebuah surat dari Sekolah Sihir Hogwarts.

Namun, pamannya merobek-robek hingga membakar surat yang dikirim dari Hogwarts untuk Harry. Dan mereka memutuskan untuk mengungsi sementara untuk menghindari surat-surat tersebut.

Pada malam hari itu, Harry kedatangan sosok misterius berbadan besar, dia adalah Hagrid. Hagrid memberikan surat langsung kepada Harry atas perintah Dumbledore, kepala sihir Hogwarts.

Disana, mereka pergi ke Diagon Alley untuk membeli perlengkapan sihir, seperti tongkat sihir dan baju, kecuali burung hantu yang diberikan Hagrid sebagai kado ulang tahunnya.

Singkat cerita, ada seorang Guru Hogwarts mencoba mencuri batu bertuah, akan tetapi Harry bersama dua temannya berusaha untuk menghalangi si pencuri tersebut. Berbagai halangan dan rintangan telah mereka lewati.

Disinilah misteri mengenai orangtua Harry mulai terkuak pada kekuatan sihir hitam yang sekian lama mati kemudian bangkit kembali melalui sebuah batu bertuah yang gak sengaja ia temukan bersama teman-temannya, Hermione Granger dan Ron Weasley.

Jika kamu tertarik mengetahui jalan cerita yang lebih lengkap, silahkan baca sinopsis Harry Potter and The Sorcerer’s Stone yang sudah kami rangkum.

Judul Film:Harry Potter and The Sorcerer’s Stone
Director:Chris Columbus
Penulis:J.K. Rowling (novel), Steve Kloves (screenplay)
Genre:Adventures, Family, Fantasy
Negara:Inggris, Amerika
Bahasa:Inggris
Tanggal Rilis:19 Desember 2001 (Indonesia)
Co Produksi:Warner Bros, Heyday Films, 1492 Pictures
Durasi:2j 39m
Rating:7,6/10 (IMDb)

2. Harry Potter and The Chamber of Secrets (2002)

film Harry Potter and The Chamber of Secrets (2002)
Foto: wallpapercave.com

Kisah Harry Potter tak terhenti sampai disitu saja, dalam film ini dimulai dengan kehadiran sosok peri rumah misterius bernama Dobby yang tiba-tiba memperingatkan Harry jika kembali lagi ke Hogwarts maka hidup dia dalam bahaya.

Namun, keinginan Harry untuk kembali mempelajari ilmu sihir pun tidak ada yang bisa menghentikannya. Meskipun peri tersebut sudah berusaha dengan berbagai macam cara jahil, tapi usaha tersebut sia-sia. Harry tetap bersikukuh untuk kembali ke Hogwarts.

Bahkan tembok yang menuju pintu ke kereta Hogwarts pun di sihir oleh Dobby, hingga akhirnya Harry dan Ron memutuskan pergi ke Hogwart menggunakan mobil terbang milik ayahnya Ron.

Di tahun keduanya di sekolah ini, Harry menemukan berbagai hal aneh yang terjadi di Hogwarts, mulai dari suara mendesis di dinding-dinding sekolah yang hanya bisa didengar oleh dirinya saja, sampai buku harian misterius miliki Tom Riddle, mantan murid Hogwarts.

Mengapa hanya Harry yang mendengar suara tersebut? Suara teror tersebut berasal dari seekor ular raksasa dan hanya Harry yang bisa mengerti bahasa ular disana.

Menariknya lagi, buku harian tersebut menyimpan memori 50 tahun silam yang mengantarnya ke sebuah rungan rahasia.

Konflik menjadi rumit ketika dia marah dengan identitas dirinya sendiri yang masih misterius, ditambah ada sesosok makhluk yang mengubah teman-teman sekolahnya menjadi batu.

Hingga pada suatu hari ia menemukan tempat di mana teror tersebut berasal, dan dia pergi kesana bersama Ron.

Akankah Harry menemukan fakta tentang dirinya dan dan apakah dia bisa menyelamatkan teman-temannya yang menjadi batu? Adakah hubungan terror tersebut dengan ruangan rahasia yang ia temui sebelumnya?

Jika kamu tertarik mengetahui jalan cerita yang lebih lengkap, silahkan baca sinopsis Harry Potter and The Chamber of Secrets yang sudah kami rangkum.

Judul Film:Harry Potter and The Chamber of Secrets
Director:Chris Columbus
Penulis:J.K. Rowling (novel), Steve Kloves (screenplay)
Genre:Adventures, Family, Fantasy, Mistery
Negara:Inggris, Amerika Serikat, Jerman
Bahasa:Inggris
Tanggal Rilis:3 November 2002 (Inggris)
Co Produksi:Warner Bros, Heyday Films, 1492 Pictures
Durasi:2j 54m
Rating:7,4/10 (IMDb)

3. Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (2004)

film Harry Potter and The Prisoner of Azkaban (2004)
Foto: filmlinc.org

Setelah kaburnya penyihir berbahaya yang diduga pengikut “You know who” bernama Sirius Black yang berasal dari penjara sihir Azkaban, Harry sering mendapatkan terror dari sosok anjing hitam yang kerap mendatanginya.

Kemudian ia kembali ke Hogwarts bersama dua sahabatnya yaitu Hermione Granger dan Ron Weasley, dalam kereta tersebut ada seseorang yang ternyata adalah guru baru di Hogwarts.

Dalam perjalanan, Harry merasakan keanehan, mulai dari suara wanita menjerit hingga Dementor yang mendatangi dirinya. Tak lama, ia disadarkan oleh Prof. Lupin dan memberinya coklat untuk memulihkan kondisinya.

Setelah melewati beberapa peristiwa, Ron diculik oleh sosok anjing hitam dan membawanya ke dalam pohon. Harry dan Hermione yang melihat kejadian tersebut tak tinggal diam, mereka berdua memustukan untuk menyelamatkan Ron.

Kaget bukan main, anjing hitam tersebut ternyata wujud lain dari Sirius Black. Harry yang melihat itu langsung kesal dan ingin membunuhnya. Tapi sayangnya gagal, karena Prof. Lupin datang, dan dia adalah sahabat Sirius Black.

Setelah mendengarkan penjelasan mereka berdua, Harry sempat tak percaya bahwa Sirius Black dan Prof. Lupin adalah sahabat ayahnya, nah yang menjadi penghianat bukan Sirius, melainkan Peter Pettigrew, dia merubah dirinya menjadi seekor tikus peliharaan Ron agar tidak ketahuan oleh Sirius dan Prof. Lupin. Dan menariknya lagi, Sirius Black adalah bapak baptis Harry.

Nah, dalam urutan film Harry Potter ke-3 ini kamu akan melihat lebih jelas masa lalu Harry beserta keluarganya. Karena selama ini dia hidup bersama paman dan bibinya.

Dan disini pula kamu bisa mengerti apa yang sebenarnya terjadi kepada Harry Potter dan keluarganya, serta kisa tentang bekas luka di dahi Harry.

Jika kamu tertarik mengetahui jalan cerita yang lebih lengkap, silahkan baca sinopsis Harry Potter and The Prisioner of Azkaban yang sudah kami rangkum.

Judul Film:Harry Potter and The Prisoner of Azkaban
Director:Alfonso Cuaron
Penulis:J.K. Rowling (novel), Steve Kloves (screenplay)
Genre:Adventures, Family, Fantasy, Mistery
Negara:Inggris, Amerika Serikat
Bahasa:Inggris
Tanggal Rilis:16 Juni 2004 (Indonesia)
Co Produksi:Warner Bros, Heyday Films, 1492 Pictures
Durasi:2j 22m
Rating:7,9/10 (IMDb)

4. Harry Potter and The Goblet of Fire (2005)

Harry Potter and The Goblet of Fire
Foto: wallpapercave.com

Dalam film ini Hogwarts berkesempatan menjadi tuan rumah Turnamen Triwizard, turnamen sihir yang diadakan untuk mempererat hubungan antar sekolah sihir, diantaranya yaitu Hogwarts, Institut Durmstrang, dan Beauxbatons.

Peserta dari turnament tersebut tak lain adalah para siswa yang namanya terpilih ketika dimasukan kedalam sebuah piala api. Setelah terpilih mereka akan bertugas memilih para siswa yang pantas untuk bertanding.

Keanehan pun terjadi ketika turnamen yang seharunya hanya memperbolehkan siswa berusia 17 tahun keatas, namun nama Harry terpilih sebagai perwakilan Hogwarts besama seniornya bernama Cedric Diggory.

Bukan hanya siswa saja yang kebingungan, Dumbledore sang kepala sekolah Hogwarts pun mengalami hal yang sama.

Mengingat fenomena tersebut tak pernah terjadi, Harry yang sebenarnya gak tau apa-apa terkait hal ini dianggap telah melakukan kecurangan dengan diam-diam memasukan namnya kedalam piala api.

Meskipun dia tidak memenuhi kriteria usia, para guru dan kepala sekolah tak bisa membantah piala api yang telah memilih Harry untuk ikut serta dalam turnamen, .

Turnament ini sangat berbahaya, mati ketika bertanding adalah salah satu konsekuensinya. Akankah Harry berhasil memenangkan turnamen tersebut? Dan siapakah yang memasukan nama Harry ke dalam piala api?

Judul Film:Harry Potter and The Goblet of Fire
Director:Mike Newell
Penulis:J.K. Rowling (novel), Steve Kloves (screenplay)
Genre:Adventures, Family, Fantasy, Mistery
Negara:Inggris, Amerika Serikat
Bahasa:Inggris, Francis
Tanggal Rilis:18 November 2005 (Indonesia)
Co Produksi:Warner Bros., Heyday Films, Patalex IV Productions Limited
Durasi:2j 37m
Rating:7,7/10 (IMDb)

5. Harry Potter and The Order of Phoenix (2007)

Harry Potter and The Order of Phoenix
Foto: tophdimgs.com

Cerita dilanjut dengan kemunculan pangeran kegelapan secara fisik, yakni Voldemort. Dengan kekuatan yang dimilikinya, ia berhasil menakut-nakuti semua orang, termasuk Kementerian Sihir di Inggirs.

Saat itu juga Dombledore sang kepala sekolah digantikan dengan kepala sekola baru yang membekukan semua pelajaran teknik menyerang dan praktek.

Semua itu harus dilakukan untuk menghindari kemarahan Voldemort, parahnya lagi para siswa otaknya dicuci bahwa yang namanya Voldemort itu hanya gosip.

Hasil dari semua itu menjadikan Harry dan teman-temannya belajar sihir secara mandiri yang hanya berbekal pengalaman saja. Mereka belajar sekaligus membentuk Dumbledore’s Army, bertekad untuk melindungi Hogwarts dari bayang-bayang Voldemort.

Judul Film:Harry Potter and The Order of Phoenix
Director:David Yates
Penulis:Michael Goldenberg (screenplay), J.K. Rowling (novel)
Genre:Action, Adventures, Family, Fantasy, Mistery
Negara:Inggris, Amerika Serikat
Bahasa:Inggris
Tanggal Rilis:11 Juli 2007 (Indonesia)
Co Produksi:Warner Bros., Heyday Films, Cool Music
Durasi:2j 22m
Rating:7,5/10 (IMDb)

6. Harry Potter and The Half Blood Prince (2009)

Harry Potter and The Half Blood Prince
Foto: wallpaperswide.com

Dalam urutan film Harry Potter keenam ini dia mendapatkan pelajaran privat dari Dumbledore langsung. Demi mempersiapkan dirinya untuk menghadapi Voldemort.

Voldemort yang muncul secara terang-terangan memiliki tujuan untuk membentuk pasukannya kembali. Ancaman bahaya dan ketakutan mulai menyelimuti para penyihir dan manusia biasa (muggle).

Namun mereka juga gak mau menyerah begitu saja, Harry saat itu mendapatkan informasi-informasi berharga tentang masa lalu Voldemort dan kelemahannya.

Petualangan Harry bersama dua sahabatnya untuk mencari kelemahan Voldemort segera di mulai.

Judul Film:Harry Potter and The Half Blood Prince
Director:David Yates
Penulis:Steve Kloves (screenplay), J.K. Rowling (novel)
Genre:Action, Adventures, Family, Fantasy, Mistery
Negara:Inggris, Amerika Serikat
Bahasa:Inggris
Tanggal Rilis:17 Juli 2009 (Indonesia)
Co Produksi:Warner Bros., Heyday Films
Durasi:2j 34m
Rating:7,6/10 (IMDb)

7. Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1 (2010)

Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1
Foto: wallpaperup.com

Dalam film Harry Potter yang satu ini menceritakan kisah Harry yang usianya sudah memasuki 17 tahun. Dimana dia harus bisa melindungi dirinya sendiri karena segala mantra pelindung dari orangtuanya akan hilang ketika Harry berusia 17 tahun.

Harry mendapat tugas untuk menuntaskan apa yang telah ditemukan oleh Dumbledore. Bersama dengan dua temannya, Hermione Granger dan Ronald Weasley, mereka memulai petualangan untuk mencari hocrux dari Voldemort dan menghacurkannya.

Bagaimana kisah selanjutnya, akankah Harry, Hermione, dan Ron berhasil?

Judul Film:Harry Potter and The Deathly Hallows Part 1
Director:David Yates
Penulis:Steve Kloves (screenplay), J.K. Rowling (novel)
Genre:Adventures, Family, Fantasy, Mistery
Negara:Inggris, Amerika Serikat
Bahasa:Inggris
Tanggal Rilis:19 November 2010 (Indonesia)
Co Produksi:Warner Bros., Heyday Films
Durasi:2j 26m
Rating:7,7/10 (IMDb)

8. Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2 (2011)

Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2
Foto: million-wallpapers.com

Film ini menjadi akhir dari seri Harry Potter selama 10 tahun lamanya. Dan di urutan film ini kamu akan melihat puncak cerita dari sejumlah misteri yang ada dari film pertama hingga akhir.

Pertempuran besar pecah di Hogwarts! Pihak Orde melawan pengikut Voldemort. Hasil dari semua itu banyak korban jiwa yang gugur di medan perang. Salah satunya adalah kaka Ronald Weasley yang meninggal akibat mantra jahat.

Siapakah yang menjadi pemenang dalam perang besar ini? Bagaimana akhir dari ramalan Harry dan Voldemort? Akankah setelah ini mereka dapat menjalani kehidupan dengan damai? Dan siapa yang menjadi pendamping hidup Harry nantinya?

Judul Film:Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2
Director:David Yates
Penulis:Steve Kloves (screenplay), J.K. Rowling (novel)
Genre:Adventure, Drama, Fantasy, Mystery
Negara:Inggris, Amerika Serikat
Bahasa:Inggris
Tanggal Rilis:29 Juli 2011 (Indonesia)
Co Produksi:Warner Bros., Heyday Films, Moving Picture Company (MPC)
Durasi:2j 10m
Rating:8,1/10 (IMDb)

Di bagian akhir film ada kisah menarik tentang 19 tahun kemudian, yang menceritakan Harry menikah dengan Ginny Weasley dan dikarunia oleh 3 anak. Sedangkan Hermione menikah dengan Ron Weasley dan dikarunai oleh 2 anak.

Mereka ditemukan kembali ketika mengantarkan anak-anaknya ke kereta menuju Hogwarts. Inilah kisah film fantasi yang sangat mengesankan, kisah tersebut tak akan kami lupakan begitu saja.

Demikianlah daftar urutan film Harry Potter 1 sampai 8. Dari list diatas, adakah film yang ingin kamu tonton? Ikuti terus rangkuman artikel Film di website Adalios.com ini ya!